Perbedaan Ikatan Pembuluh pada Batang Dikotil dan Monokotil

Ikatan pembuluh pada batang Helianthus (dikotil)Gambar

Ikatan pembuluh pada batang Zea mays (monokotil)

20120320_101823

Ikatan pembuluh pada batang dikotil dan monokotil mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Dapat dilihat pada gambar diatas. Letak ikatan pembuluh pada dikotil contohnya Helianthus tersusun dengan teratur pada satu lingkaran , sedangkan letak ikatan pembuluh pada monokotil letaknya tersebar tidak beraturan, contohnya pada batang Zea mays. Ikatan pembuluhnya lebih rapat dan banyak di bagian tepi dari pada bagian tengahnya.

Tipe ikatan pembuluh pada Helianthus adalah tipe ikatan pembuluh kolateral karena floem berada di sebelah luar xilem. begitupun dengan ikatan pembuluh pada Zea mays. Perbedaannya, pada Helianthus disebut kolateral terbuka karena tidak ada seludang sklerenkim dan terdapat kambium. Sedangkan Zea mays disebut ikatan pembuluh kolateral tertutup, karena ikatan pembuluhnya dikelilingi oleh seludang sklerenkim dan tidak terdapat kambium.

Perbedaan selanjutnya terdapat pada ada tidaknya pertumbuhan sekunder yang diakibatkan oleh adanya kambium. Batang monokotil tidak dapat mengalami pertumbuhan sekunder karena tidak punya kambium. Namun pada sebagian monokotil, ada yang bisa mengalami pertumbuhan sekunder akibat aktivitas meristem yaitu kambium pembuluh yang dibentuk oleh parenkim korteksnya. Contohnya pada tanaman Cordyline dan Dracaena.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s